Friday 29 January 2016

Angin Puting Beliung Hancurkan 100 Rumah di Tarutung [Taput]

Bupati Taput Turun langsung meninjau Korban Angin Puting Beliung di Tarutung.


Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Edward Tampubolon, SE usai kunjungan lapangan langsung turun kelokasi korban bencana puting beliung yang merusak rumah sekitar kurang lebih 100 rumah di Desa hutatoruan IV, Kelurahan Hutatoruan VII (Sumur), Desa Hutatoruan I dan kerugian ditaksir sekitar Rp 1 milyar, Jumat (29/1).

“Ini sangat tiba-tiba dan dalam sekejab angin puting beliung telah merusak lebih kurang 100 rumah penduduk dan mungkin akan menelan biaya sekitar 1 milyar. Saya langsung kunjungi dari rumah ke rumah yang mengalami kerusakan, baik kerusakan kecil maupun kerusakan parah. Kita juga langsung buka dapur umum bagi penduduk yang tidak bisa lagi menggunakan rumahnya untuk masak dan tidur, makanan telah di sediakan di dapur umum. Kita juga sudah turunkan anggota Satpol PP dan Berncana Alam untuk membantu masyarakat menata kembali kondisi rumah yang porak poranda,” ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya bupati menyampaikan bahwa bencana ini telah menimbulkan banyak kerugian dan kita harus berindak langsung dan mengatasi secara langsung. Di samping seluruh SKPD saya suruh turun, kita juga tetap standby dan mengecek langsung Dinas Sosial yang telah mendirikan tenda dan membuka dapur umum. Saya terkejut, dalam hitungan menit angin puting beliung telah memporakporandakan ratusan rumah. Tapi Pemerintah harus tetap ada untuk masyarakat, makanya saya perintahkan seluruh SKPD turun dan melakukan apa yang bisa dilakukan membantu masyarakat. “Besok kita akan data semua kondisi rumah masyarakat dan jumlah kerugian yang dialami dan kita akan bantu semampu kita. Pemerintah akan mengerahkan bantuan yang bisa dilakukan,” ujar Bupati menambahkan.

Di tengah derasnya hujan, Bupati Taput dan seluruh SKPD mengunjungi seluruh korban dan menyapa serta menguatkan. Dengan basah kuyup Bupati tetap berjalan dari rumah ke rumah. “Jangan putus asa, kita harus tetap berjalan dan menjalani hidup kita. Keadaan ini harus tetap memberikan semangat dan kekuatan bagi kita untuk maju karena sampai saat ini kita masih memberi kesehatan. Mudah-mudahan bencana ini menjadi yang terakhir dan tidak ada bencana lagi. Kita rasakan bersama-sama dan kita atasi bersama-sama,” ujar Bupati sambil duduk bersama ditengah-tengah masyarakat korban bencana di lokasi Dapur Umum Pemkab Tapanuli Utara.

Berikut Foto-Foto Kerusakan Akibat Puting Beliung tersebut yang langsung di tinjau oleh Bupati Tarutung Nikson Nababan dan seluruh SKPD.













No comments:

Post a Comment